Loading...

“FAKASA Goes To School” Strategi Forum Anak Kabupaten Sanggau Memotivasi Anak Daerah untuk Semangat Belajar

Sanggau, Juli 2023 – Forum Anak Kabupaten Sanggau menyelenggarakan giat “FAKASA Goes To School” pada bulan Juli 2023. Program ini merupakan program tahunan yang rutin dilaksanakan oleh kepengurusan Forum Anak Kabupaten Sanggau yang diselenggarakan setiap tahunnya pada saat siswa sekolah masuk di tahun ajaran yang baru.

Perlu diketahui bahwa kegiatan FAKASA Goes To School ini diisi dengan pemaparan materi oleh pengurus Forum Anak Kabupaten Sanggau yang berisikan tentang Profil Forum Anak Kabupaten Sanggau, Penjelasan 31 Hak Anak dan 5 Poin Klaster Hak Anak, serta Materi Tentang Hak Pendidikan untuk Anak yang diprogramkan oleh pemerintah melalui program Wajib Belajar 12 Tahun.

Pada semester awal Tahun Ajaran 2023/2024 ini, pengurus Forum Anak Kabupaten Sanggau berkunjung ke 6 sekolah setingkat SMA/MA/SMK yang berada di wilayah Kecamatan Kapuas yaitu SMA Don Bosco Sanggau, MAN 1 Sanggau, SMAN 1 Sanggau, SMAN 2 Sanggau, SMAN 3 Sanggau serta SMKN 1 Sanggau. Kemudian perwakilan Forum Anak Kabupaten Sanggau yang masuk ke dalam penyelenggara Kegiatan FAKASA Goes To School juga berkunjung ke 5 sekolah setingkat SMP/MTs yang juga berada di wilayah Kecamatan Kapuas yaitu SMP Sugiyopranoto Sanggau, MTsN 1 Sanggau, SMPN 1 Sanggau, SMPN 2 Sanggau, dan SMPN 3 Sanggau.

Nazwa Nur Fahira, selaku Ketua Forum Anak Kabupaten Sanggau mengungkapkan keinginan kepengurusan FA Kab. Sanggau periode tahun 2023-2025 untuk lebih mengembangkan lagi program FAKASA Goes To School ini “kita pertama kali mulai melaksanakan FAKASA Goes To School ini tepat di tahun ajaran yang lalu yaitu tahun ajaran 2022/2023 dimana pada saat itu FA Sanggau diketuai oleh Harits dan ini merupakan tahun kedua kita melaksanakan giat FAKASA Goes To School” ujarnya pada saat dihubungi oleh Tim Divisi Kreatifitas dan Media Sosial FA Sanggau.

“Sudah dua tahun kita menjalankan program ini dan harapan kita semua agar kiranya program ini dapat berkembang lebih baik lagi dan mungkin kedepannya akan menyasar ke sekolah-sekolah setingkat SD serta bisa menyebar tidak hanya ke sekolah-sekolah yang terdapat di dalam Kecamatan Kapuas saja tetapi dapat menyebar ke Kecamatan lain melalui Forum Anak Kecamatan se-Kabupaten Sanggau”, pungkasnya.