Loading...

Hari Kedua Regenerasi Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023

SANGGAU, 8 Juni 2023 – Bertempat di Hotel Meldy Sanggau Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau menyelenggarakan kegiatan Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023 dengan mengusung tema “Peran Forum Anak dalam rangka Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Sanggau” pada tanggal 7 – 9 Juni 2023.

  

Di hari kedua ini, peserta melakukan kegiatan outbond dan senam sehat bersama sebelum rangkaian hari ke dua dimulai. Kegiatan outbond dan senam sehat ini diselenggarakan dengan bantuan fasilitas lapangan terbuka oleh Kantor Kementerian ATR/BPN (Kantor Pertanahan) Kabupaten Sanggau.

Kemudian peserta menghadiri Acara Pembukaan Rangkaian Kegiatan Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau yang bertempat di Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau. Kegiatan Pembentukan dan Penguatan Kapasitas ini resmi dibuka oleh Bupati Sanggau Bapak Paolus Hadi, S.IP., M.Si.

Bupati Sanggau Paolus Hadi memberikan arahan kepada Pengurus Forum Anak Kabupaten Sanggau dalam kata sambutannya pada saat acara Pembukaan Rangkaian Kegiatan Pembentukan dan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023

Acara Pembukaan Rangkaian Kegiatan Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023 ini juga bersamaan dengan diselenggarakannya Acara Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kabupaten Sanggau di tempat yang sama. Dalam kesempatan ini Bupati Sanggau selaku Pembina Forum Anak Kabupaten Sanggau menyampaikan beberapa hal diantaranya beliau berharap agar generasi penerus (Forum Anak) dapat menjadi role model, pelopor dan pelapor untuk mencegah terjadinya stunting di Kabupaten Sanggau.

“Saya berharap generasi penerus inilah yang bisa mengakomodir, mengkoordinasikan serta membawa perubahan-perubahan dan kebiasaan buruk untuk mencegah stunting ini,” harapnya.

“Sebagai pelopor kalian harus memberi contoh kepada generasi penerus tentang usia matang dalam menikah, memberikan edukasi tentang pentingnya pola asuh dan hidup sehat. Begitu pula sebagai pelapor, identifikasi masalah-masalah yang ada dilingkungan kalian dalam mencegah stunting ini,”tambahnya.

Setelah menghadiri Acara Pembukaan Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau, seluruh peserta kembali ke Aula Mahoni Hotel Meldy Sanggau untuk mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya yaitu Talkshow dengan tema “Peran Forum Anak dalam Menurunkan Angka Stunting” yang dihadiri dua narasumber yaitu ibu Latipah, SKM. Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau yang membawakan materi berjudul “Pemenuhan Gizi Bagi Anak dalam rangka Pencegahan Stunting” dan Bapak H. Nasri Razali, S.Ag. dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau yang membawakan materi berjudul “Pernikahan Anak Berdampak pada Stunting”.

Kemudian kegiatan selanjutnya Pemilihan Ketua Forum Anak kabupaten Sanggau Periode Tahun 2023-2025 yang diikuti oleh beberapa calon ketua. Pemilihan Dilaksanakan melalui sistem voting.

Setelah melakukan pemilihan ketua, Forum Anak Kabupaten Sanggau kedatangan tamu spesial yaitu Komandan Distrik Militer 1204/SGU Letkol Inf. Putra Andika Trihatmoko yang juga merupakan Ayah Asuh Stunting Kabupaten Sanggau yang menyampaikan motivasi, arahan serta informasi mengenai stunting.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi 5 klauster, yang merupakan hasil dari diskusi peserta di hari pertama.

Di malam hari para peserta mengikuti rangkaian kegiatan Apresiasi dan Perkenalan Kebudayaan melalui acara yang bertajuk “Malam Budaya FAKASA”. Kegiatan ini diisi dengan penampilan-penampilan peserta diantaranya penampilan bakat bernyanyi, penampilan karaoke dan masih banyak penampilan kreatif lainnya.