Loading...

Kegiatan Pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak – Forum Anak Kabupaten Sanggau mengirimkan 3 orang perwakilan untuk mengikuti Kegiatan Pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) di Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 15 Maret 2022 dan bertempat di Hotel Orchardz Pontianak. Ada sebanyak 13 Kabupaten/kota yang menghadiri acara ini.

Acara ini dibuka langsung oleh Plh. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Barat. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembawaan materi berjudul Hak Anak dan Partisipasi Anak Dalam Pembangunan yang disampaikan oleh Bunda Detilda Yenny, S.Pd. M.A.P. Selaku sekretaris Dinas PP-PA Provinsi Kalimantan Barat.

Pada malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Yaitu diskusi mengenai Isu dan Permasalahan yang sedang dihadapi oleh anak-anak di setiap kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat sekaligus pemaparan solusi yang dapat diberikan oleh Forum Anak setiap kabupaten/kota sebagai Pelopor dan Pelapor (2P).

Pada hari kedua, peserta Kegiatan Pelatihan Pelopor dan Pelapor menerima materi dari berbagai narasumber di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yaitu materi Peran Pelopor dan Pelapor dalam Penerapan Waktu Luang dan Budaya yang disampaikan oleh Bunda Verawati, S.Pd. Selaku Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, selanjutnya ada materi Peran Pemprov Kalimantan Barat dalam Peningkatan Pemenuhan Hak Anak Melalui Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Hak Anak yang disampaikan oleh perwakilan dari BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat dan yang terakhir ada materi yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

Di akhir acara, kegiatan Pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat ditutup secara langsung oleh Kabid PA Dinas PP-PA Provinsi Kalimantan Barat. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengurus Forum Anak Provinsi Kalimantan Barat pada sore harinya.