Loading...

Evaluasi Penilaian KLA Tahun 2023, Ketua FA Sanggau Harap Pihak Terkait Terus Konsisten Bertindak Serius dalam Rangka Memenuhi dan Peduli Terhadap Hak Anak

Sanggau, 25 Oktober 2023 – Tim Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Rapat Evaluasi KLA Tahun 2023 yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bappeda Sanggau pada Rabu (25/10/2023).

Rapat ini dihadiri langsung oleh Ketua Tim Gugus Tugas KLA yang juga merupakan Kepala Bappeda Kab. Sanggau yaitu Ibu Yulia Theresia, Kepala DINSOSP3AKB Kab. Sanggau Bapak Aloysius Yanto bersama Kepala Bidang Perlindungan Anak DINSOSP3AKB Kab. Sanggau Ibu Titin Sumarni beserta OPD Kab. Sanggau dan dunia usaha terkait sebagai undangan.

Forum Anak Kabupaten Sanggau sebagai salah satu indikator yang terkait di dalam penilaian KLA turut menghadiri jalannya rangkaian rapat tersebut dengan dihadiri secara langsung oleh Ketua Forum Anak Kabupaten Sanggau bersama dengan tiga orang pengurus lainnya.

Setelah 5 tahun berturut-turut bertahan di Peringkat Pratama, pada tahun ini seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Sanggau berhasil naik ke peringkat Madya dalam Penilaian Kabupaten/Kota Layak (KLA) yang dianugerahkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Oleh sebab itu maka perlu diadakannya rapat evaluasi untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan selama penilaian ini berlangsung dan juga untuk mempersiapkan Kabupaten Sanggau dalam Penganugerahan KLA di Tahun 2024.

Ketua tim gugus tugas KLA Kabupaten Sanggau, Yulia Theresia menyampaikan, evaluasi yang dilakukan hari ini sangat penting diadakan. Dari evaluasi ini nantinya diharapkan diketahui kendala dan hambatan dalam mewujudkan KLA dari seluruh anggota tim yang terlibat.

“Dari seluruh indikator, hasil verifikasi administrasi, kekurangan kita di dokumen yang belum sesuai. Jadi, antara pertanyaan dengan dokumen yang kita upload tidak sesuai. Nah ini yang harus kita evaluasi,” ujar Ketua Tim Gugus Tugas KLA Kab. Sanggau tersebut seperti yang dilansir dari situs kabarsanggau.harianberkat.com

Di sisi lain, Nazwa Nur Fahira selaku Ketua Forum Anak Kabupaten Sanggau mengungkapkan pendapatnya mengapa KLA Kabupaten Sanggau tidak bisa mendapatkan nilai maksimal di tahun-tahun sebelumnya.

“Pertama-tama kami dari FA Sanggau tentunya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemda Sanggau dan pihak terkait yang telah berusaha semaksimal mungkin dalam hal pemenuhan hak anak. Kemdian seperti yang kita lihat pada saat rapat kemarin itu masih banyak OPD dan dunia usaha terkait yang sepertinya masih kebingungan dalam memahami peran serta mereka dalam memenuhi indikator KLA ini, ini mungkin menjadi salah satu penyebab nilai KLA dari tahun-tahun sebelumnya tidak bisa maksimal”, ujarnya seperti dihubungi oleh Tim Website Forum Anak.

Kemudian ia juga menambahkan harapannya untuk jangka waktu ke depan terkait dengan adanya Penilaian KLA ini.

“Harapan saya semoga OPD dan Dunia Usaha terkait bisa semakin mengerti dan semakin peduli terhadap hak anak dan juga saya harap para pihak terkait atau bahkan masyarakat untuk bisa benar-benar peduli terhadap hak anak, tidak hanya peduli terhadap hak anak pada saat ingin mendapatkan Peringkat KLA saja”, pungkasnya.