Loading...

Forum Anak Hadir Pada Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Sanggau Tahun 2023

Sanggau – Forum Anak Kabupaten Sanggau hadir pada Acara Musyawarah Rencana Pembangunan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Hari Senin (21/03/2022) bertempat di Aula Hotel Harvey Sanggau.

Acara ini terbagi menjadi dua yaitu secara daring dan luring. Acara secara luring dihadiri langsung oleh Bupati Sanggau, Gubernur Kalimantan Barat (diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat), Sekretaris BAPPEDA Provinsi Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Dapil Sanggau-Sekadau, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Forkopimda Kab. Sanggau, Lembaga/Organisasi serta Bank dan Perusahaan yang berada di dalam Kota Sanggau.

Forum Anak Kabupaten Sanggau juga diberikan kesempatan untuk berbicara menyampaikan permohonan dari seluruh Anak-anak Kabupaten Sanggau yang telah dirancang melalui Suara Anak Kabupaten Sanggau. Sebanyak 6 poin yang disampaikan oleh Forum Anak Kabupaten Sanggau antara lain:

1. Memohon kepada Pemda Sanggau dan pihak terkait untuk terus memperhatikan kasus-kasus kekerasan pada anak yang belakangan ini sudah muncul ke hadapan publik dengan cara memberikan efek jera kepada pelaku dan memberikan bimbingan dan bantuan secara psikologis untuk anak-anak yang menjadi korban.

2. Kami siap untuk mendukung program pemerintah dan bekerjasama dengan pemerintah untuk menekan angka pernikahan dini di Kabupaten Sanggau yaitu dengan cara membuat program-program yang dapat digunakan sebagai media kampanye menolak pernikahan usia anak di Kabupaten Sanggau

3. Kami meminta kepada pemerintah untuk Melakukan upaya peningkatan dan menciptakan Infrastruktur Layak Anak melalui pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Kabupaten Sanggau.

4. Memohon kepada pemerintah untuk lebih mempertegas aturan terkait billboard di Sanggau untuk tidak menampilkan/menanyangkan sponsor rokok karena dengan adanya billboard yang menampilkan rokok tersebut dianggap sebagai ajakan untuk merokok.

5. Kami harap Pemda Sanggau mungkin melalui Disdikbud Kab. Sanggau ke depan bisa lebih memperhatikan angka putus sekolah di beberapa daerah pelosok yang ada di Kabupaten Sanggau.

6. Kami Mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau mungkin sekiranya bisa bekerjasama dengan Dinas PPPA Provinsi Kalimantan Barat untuk mengadakan pelatihan Konvensi Hak Anak untuk Kabupaten Sanggau.

Seluruh poin yang disampaikan di atas sudah termasuk ke dalam Indikator Evaluasi Penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak.

Bupati Sanggau menanggapi hal yang telah disampaikan oleh Forum Anak tersebut “untuk poin yang terakhir yaitu Pelatihan Konvensi Hak Anak karena kita di Sanggau juga belum pernah menyelenggarakan itu, mungkin disini saya langsung sampaikan kepada Bapak Sekretaris BAPPEDA Provinsi Kalbar semoga bisa diteruskan langsung kepada Kepala Dinas PP-PA Provinsi Kalimantan Barat” ujarnya.

Bupati Sanggau juga menanggapi kehadiran Forum Anak pada Acara Musrenbang RKPD Tahun 2023 tersebut, beliau menuturkan bahwa anak-anak harus dilibatkan dalam setiap proses pembangunan baik di desa/kelurahan serta di kecamatan. Bupati Sanggau juga menyampaikan bahwa beliau telah memerintahkan seluruh camat di Kabupaten Sanggau untuk segera melakukan Pembentukan Pengurus Forum Anak di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.