Loading...

Event Spesial: Puncak Perayaan Hari Anak Nasional Tahun 2022 di Tingkat Kabupaten Sanggau

Sanggau, 21 September 2022 – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau menyelenggarakan acara Puncak Perayaan Hari Anak Nasional Tahun 2022 di Tingkat Kabupaten Sanggau pada hari Rabu (21/09/2022) di Gedung Balai Betomu Sanggau.

Acara ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Sanggau Bapak Drs. Yohanes Ontot, M.Si., Forkopimda Kabupaten Sanggau, Seluruh Camat di Kabupaten Sanggau dan tak lupa pula anak-anak yang merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah yang terdapat di Kabupaten Sanggau.

Acara diawali dengan pembacaan doa secara 3 agama yaitu agama Protestan, Khatolik dan Islam yang disampaikan oleh 3 orang perwakilan anak-anak Sanggau. Anak-anak dari pegawai Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau menampilkan Tarian Jingle “Sentuhan” dan “Aku Indonesia” pada saat setelah pembacaan doa sebelum memasuki acara inti.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan dan Penyerahan Suara Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022 yang dilakukan oleh 5 orang perwakilan Pengurus Forum Anak Kabupaten Sanggau yaitu Harits Ridho Julianta (Ketua Forum Anak Kabupaten Sanggau), Nashwa Afrilia Rahmayani (Pengurus Inti Forum Anak Kabupaten Sanggau), Nazwa Nur Fahira (Divisi Humas dan Event Management), Syarifah Rauzah Baini (Divisi Data dan Informasi), Farhan Herdian Al Zacky (Divisi Kreativitas dan Media Sosial). Berikut adalah 10 poin Suara Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022:

1. Kami anak anak kabupaten sanggau bekerja sama dan mendukung pemerintah dalam program wajib belajar 12 tahun untuk menekan angka anak-anak yang putus sekolah di kabupaten sanggau.
2. Kami anak anak kabupaten sanggau memohon kepada pemerintah untuk lebih mengutamakan pemerataan fasilitas sekolah pada daerah terpencil di kabupaten sanggau.
3. Kami anak anak kabupaten sanggau mendukung pemerintah untuk melakukan penyebaran informasi kepada orang tua terkait dengan pentingnya imunisasi pada anak.
4. Kami anak anak kabupaten sanggau memohon kepada pemerintah untuk melakukan program sanitasi air bersih dan mengurangi penggunaan jamban yang dapat mencemari air sungai
5. Kami anak anak kabupaten sanggau memohon kepada pemerintah untuk membuat peraturan daerah mengenai pernikahan usia anak dengan tujuan meminimalisir angka pernikahan pada usia anak.
6. Kami anak anak kabupaten sanggau mendukung pemerintah untuk melakukan pemerataan infrastruktur ramah anak di kabupaten sanggau.
7. Kami anak anak kabupaten sanggau mendukung program pemerintah dalam pemerataan KIA dengan cara mensosialisasikan KIA kepada anak dan orang tua di kabupaten sanggau.
8. Kami anak anak kabupaten sanggau mendukung program pemerintah untuk mengurangi iklan rokok dengan tujuan meminimalisir angka anak anak yang merokok di kabupaten sanggau.
9. Kami anak anak kabupaten sanggau memohon kepada pemerintah untuk memberikan fasilitas yang layak bagi penyandang disabilitas.
10. Kami anak anak kabupaten sanggau bekerja sama serta mendukung pemerintah untuk meminimalisir kekerasan terhadap anak di kabupaten sanggau.

Suara anak tersebut merupakan hasil musyawarah dan kesepakatan anak-anak di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau yang hadir pada saat kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 15-17 Juni 2022

Acara kemudian dilanjutkan dengan Kata Sambutan dari Wakil Bupati Sanggau Bapak Drs. Yohanes Ontot, M.Si.

Seperti dilansir dari laman resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau Wakil Bupati Sanggau menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut

“Peringatan Hari Anak Nasional inikan merupakan momen yang luar biasa tentu bagi anak-anak terutama dan bagi orang tua untuk tetap mengingatkan para anak-anak untuk selalu menjaga keselamatan kepada anak-anak kita. Terutama terkait keselamatan mereka dari kekerasan dan apapun bentuknya,” ujarnya.

Karena, lanjut Wakil Bupati Sanggau yang mana sekarang dikenal banyak kekerasan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Dan ini tentu dibutuhkan sosialisasi secara meluas kepada orang tua, agar mereka mampu menjaga anak-anaknya. Supaya jangan pernah dilepas atau dibiarkan anaknya begitu saja, harus dibimbing dan di kontrol terus kegiatan atau aktifitas dari anak-anaknya,” pesan Wakil Bupati Sanggau.

Kegiatan disambung dengan acara kuis tanya jawab berhadiah, kemudian dilanjutkan dengan penampilan Seni Tari dari Sanggar SMAN 3 Sanggau, Drama Musikal dari Pengurus Forum Anak Kabupaten Sanggau serta Penampilan solo menyanyi dari Perwakilan Siswa asal MAN 1 Sanggau.