Loading...

Peningkatan Kapasitas Pengurus Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022

Perkenalan Peserta di Hari Pertama Kegatan Peningkatan Kapasitas

 

 

Hotel Meldy Sanggau, 15-17 Juni 2022 – Dalam rangka meningkatkan hak partisipasi bagi anak, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) Kabupaten Sanggau menyelanggarakan kegiatan Peningkatan Kaasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022 yang diselenggarakan selama beberapa hari yakni pada tanggal 15-17 Juni 2022 bertempat di Hotel Meldy Sanggau.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 40 orang anak yang berasal dari seluruh 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau dalam rangka menyerap aspirasi anak-anak kecamatan untuk kemudian dituangkan ke dalam rumusan dan kesepakatan pada Suara Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan selama kurang lebih dua hari ini juga berisikan materi-materi bermanfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak untuk kemudian diterapkan ke dalam peran Forum Anak yaitu sebagai Pelopor dan Pelapor (2P).

Kegiatan Peningkatan Kapasitas ini resmi dibuka pada tanggal 16 Juni 2022 di Aula Hotel Meldy Sanggau dan dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Sanggau Ibu Arita Apolina, S.Pd., M.Si., Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ibu Yohana Kusbariah, Staf Ahli Bupati Sanggau (Bertindak mewakili Bupati Sanggau), Kepala DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau Bapak Drs. Aloysius Yanto, M.Si., serta perwakilan dari OPD dan Instansi yang merupakan undangan . Setelah acara pembukaan dibuka, dilanjutkan dengan materi Seputar Konvensi Hak Anak yang disampaikan oleh Kepala DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau Bapak Drs. Aloysius Yanto, M.Si.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Forum Anak ada Tahun 2022 ini mengusung tema “Pencegahan Perkawinan Usia Anak dalam Perspektif Generasi Z”. Sesuai dengan tema tersebut di dalam kegiatan ini anak-anak dilatih dan diberikan materi seputar pencegahan perkawinan usia anak dengan penyampaian dari beberapa orang narasumber yang berasal dari instansi-instansi yang terkait dengan tema. Seperti salah satu contohnya adalah materi tentang Pernikahan di Usia Anak dalam Perspektif Agama yang disampaikan oleh Bapak H. Qomar Laela, M.S.I. yang merupakan narasumber dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau.

Kemudian materi berikutnya yang berjalan beriringan dengan materi sebelumnya adalah materi tentang Pernikahan Usia Anak dalam Perspektif Kesehatan yang disampaikan oleh Ibu Marfuah, A.Md.Keb. yang merupakan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

Salah satu peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber

Rangkaian acara diistirahatkan sejenak setelah materi dari narasumber dan dilanjutkan dengan Penyusunan Suara Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022 dan tertiang 10 Suara Anak hasil musyawarah dan kesepakatan anak-anak kabupaten Sanggau yang berisikan isu-isu terkait anak yang terjadi di kecamatannya masing-masing. Suara anak ini juga berpatokan pada 5 Klaster yang terdapat di dalam Forum Anak. Di hari terakhir tepat sebelum penutupan rangkaian kegiatan, diadakan musyawarah untuk menetapkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Forum Anak Kabupaten Sanggau.