Loading...

Forum Anak Kabupaten Sanggau Menghadiri Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Sanggau Tahun 2024

SANGGAU, Hotel Harvey – Forum Anak Kabupaten Sanggau Menghadiri undangan dalam rangka Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sanggau Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Sanggau. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (01/02/2023).

Rangkaian Kegiatan Forum Konsultasi Publik ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Sanggau Bapak Drs. Yohanes Ontot, M.Si., Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Bapak Ir. Kukuh Triyatmaka, Kepala Bappeda Kab. Sanggau Ibu Ir. Yulia Theresia, Kepala OPD dan perwakilan instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, serta seluruh tamu undangan yang berasal dari organisasi massa, media cetak dan perusahaan daerah maupun swasta.

Dalam kesempatan kali ini Forum Anak Kabupaten Sanggau diberi kesempatan untuk menyampaikan Suara Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022 sebagai masukan dan saran dari seluruh anak-anak di Kabupaten Sanggau dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan ini Forum Anak Kabupaten Sanggau menyampaikan lima poin dari Suara Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2022 yang merupakan cerminan dari 5 Klaster Indikator KLA, kelima poin Suara Anak tersebut antara lain:

1. Kami anak anak kabupaten sanggau bekerja sama dan mendukung pemerintah dalam program wajib belajar 12 tahun untuk menekan angka anak-anak yang putus sekolah di kabupaten sanggau.

2. Kami anak anak kabupaten sanggau mendukung pemerintah untuk melakukan penyebaran informasi kepada orang tua terkait dengan pentingnya imunisasi pada anak.

3. Kami anak anak kabupaten sanggau memohon kepada pemerintah untuk membuat peraturan daerah mengenai pernikahan usia anak dengan tujuan meminimalisir angka pernikahan pada usia anak.

4. Kami anak anak kabupaten sanggau mendukung program pemerintah dalam pemerataan KIA dengan cara mensosialisasikan KIA kepada anak dan orang tua di kabupaten sanggau.

5. Kami anak anak kabupaten sanggau memohon kepada pemerintah untuk memberikan fasilitas yang layak bagi penyandang disabilitas.

Pada kesempatan yang sama pula tepatnya di akhir acara, Wakil Bupati Sanggau langsung memberikan respon atau tanggapan terhadap lima poin Suara Anak Kabupaten Sanggau yang telah disampaikan tersebut.

Wakil Bupati Sanggau Bapak Yohanes Ontot dalam responnya terhadap Suara Anak Kabupaten Sanggau menyoroti tenyang infrastruktur dan kondisi lingkungan yang ramah anak seperti bunga-bunga berduri yang ada di Taman Kota. Kemudian lanjutnya, Wakil Bupati Sanggau menyampaikan bahwa Suara Anak Kabupaten Sanggau yang berkaitan dengan infrastruktur ramah anak dan ramah disabilitas akan disampaikan kepada Dinas Cipta Karya Kabupaten Sanggau