Loading...

Zero Waste Collaboration Bersama Genre Sanggau

Antong Ngelayatn, Kawasan Sabang Merah Sanggau – Dalam Rangka Membantu Praktek Lapangan Mahasiswa dari Universitas Tanjungpura, Forum Anak Sanggau bersama Forum Genre Sanggau bekerjasama untuk melakukan sebuah kegiatan yang diberi nama Zero Waste Collaboration yang diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2021 yang dimana di dalam kegiatan ini dilakukan sebuah praktek dan pembelajaran yang bertujuan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik.

Seperti namanya, Zero Waste adalah filosofi yang dijadikan sebagai gaya hidup demi mendorong kita untuk bijak dalam mengkonsumsi dan memakismalkan siklus hidup sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali. Zero waste juga soal menjauhi single use plastic atau plastik yang hanya digunakan sekali. Tujuannya adalah agar sampah tidak dikirim ke landfill. Jadi zerowaste itu tidak hanya mengenai recycle atau mendaur ulang. Ini miskonsepsi yang umumnya terjadi. Padahal sebenernya zero waste itu dimulai dari Refuse, Reduce, and Reuse. (zerowaste.id)

Bekerjasama dengan TP. PKK Kecamatan Kapuas, di dalam kegiatan ini dibuat sebuah tote bag atau kantong belanja yang bisa digunakan berulang kali. Tas ini dibuat dengan menggunakan kain perca dan berhias kain sisa batik supaya ada sedikit corak yang bisa dijadikan sebagai hiasan.